Friday, December 03, 2010

Monumen Unik milik Korea UTARA

DKRP Monument

Korea Utara, kayanya kalo dengar nama negara komunis satu ini, seolah2 yg terbayang di benak saya adalah sebuah negara tertutup yang terisolir. Padahal negara ini sama majunya dengan belahan dunia lainnya. Bahkan mempunyai beberapa bangunan monumental yang lain dari pada yang lain. Berikut screenshot yang bisa mewakili seberapa majunya negara komunis satu ini


#7: Three Charters for National Reunification Monument
Arch of Reunification

Berdiri pada 2001, gerbang ini mengekspresikan hasrat dari dua korea : utara dan selatan, untuk sekali lagi, bergabung lagi menjadi satu korea. Berada di Korea Utara, gate ini secara umum mengekspresikan keinginan agar korea dipimpin olehKim Il Sung. Gate ini mengangkangi jalan tol Tongil. yakni sebuah jalan bebas hambatan yang sangat sepi menghubungkan Kota Panmunjom dan Pyongyang.

Arch of Reunification
sekilas, seperti gate biasa... kita tidak akan sadar kalo sebenernya bentuk gate ini adalah dua perempuan saling dukung dengan mengenakan baju khas korea.

#6: Arch of Triumph

Arch of Triumph
familier dengan "arch" ini ?? yup kaya arc de triomphe di paris kan? Memang ini tiruannya, tapi ini 10meter lebih tinggi dari yg di perancis. terdiri atas 25.550 batu bata yang diselesaikan pada hari ulang tahun kim il sung yang ke 70 tepatnya pada tahun 1982.
Arch of Triumph

#5: Juche Tower
Tower of Juche Idea

Juche tower ini didedikasikan untuk Juche Idea, yaitu sebuah ide yang menggambarkan kebebasan dan kemerdekaan manusia serta hak untuk menentukan nasibnya sendiri. Monumen ini juga diselesaikan pada tahun 1982 bertepatan dengan perayaan ulang tahun penguasanya, Kim Il Sung, dan juga terbuat dari 25.550 butir batubata.

Tower of Juche Idea

Tingginya hanya satu meter lebih tinggi dari monumen washington. Di depan monumen ini, berdiri patung khas komunis, berupa tiga pekerja. Satu orang membawa palu, satu lagi membawa arit, dan ditengah2 ditambahkan satu pekerja membawa kuas -sebagai penanda bahwa ini adalah komunis intelektual. Tiga simbol ini muncul di bendera partai buruh, yakni partai pemenang politik di korea utara...

Juche Tower

#4: Monument to the Foundation of the Worker's Party
Workers Party monument

Berdiri 1995, monumen ini untuk memperingati perayaan ke 50 dari yayasan partai buruh di korea utara. Uniknya, tinggi monumen ini disamakan dengan usia partainya yakni 50 meter. Lagi-lagi, ada simbol palu arit yg sangat komunisme, dan ditengah tengahnya ada simbol kuas bermaksud bahwa partai buruh adalah para intelektual...

#3: Ryugyong Hotel
Ryugyong Hotel

Secara teknis bisa dibilang monumen, tapi bisa juga dibilang bangunan. sampai sekarang ini masih menjadi bangunan tertinggi di korea utara dengan 101 lantai. Dulunya ini dikerjakan untuk menjadi bangunan tertinggi dunia, yang diskedulkan akan selesai dikerjakan pada tahun 1989. Akan tetapi bangunan ini tidak pernah diselesaikan, dan pernah dihentikan pembangunannya pada 1992 karena kena imbas jatuhnya uni soviet. Setelahnya, bangunan ini berdiri terbengkalai selama 18 tahun tanpa jendela dan tanpa pernah dikerjakan interiornya. Baru pada 2008, konstruksi ini dilanjutkan dan direncanakan ekstriornya selesai pada 2010, serta pengerjaan interior diskedulkan kelar pada 2012. Akan tetapi pada 2009, ketinggian hotel ini dilangkahi dengan selesainya dikerjakannya Rose Rayhaan Rotana Hotel yg berada di dubai.

Rose Rayhaan Rotana Hotel Dubai


Ryugyong Hotel
Akibatnya, saat ini hotel yang belum kelar ini, jatuh rangkingnya di barisan gedung tertinggi dunia. Berada di posisi 30, gedung ini berbagi peringkat dengan gedung China World Trade Center Tower III yang mempunyai ketingian yang sama.

#2: Kumsusan Memorial Palace
Kumsusan Memorial Palace

Bangunan ini dulunya adalah tempat tinggal resmi penguasa korea, Kim Il Sung, sampai akhir hayatnya. Dan sekarang dijadikan sebagai makam... Sama seperti rekan seperjuangannya, Vladimir Lenin, Ho Chi Minh, dan Mao Zedong, Tubuh Kim Il Sung dibalsem, dan di letakkan di ruang dingin serta diletakkan di sarkofagus kaca. Setelahnya, tubuhnya dikubur bersamaan dengan bermacam2 hiasan dan hadiah dari berbagai kepala negara bagian. Akses unutk para turis disini sangat terlarang.


#1: Mansudae Grand Monument
Kim Il-Sung

Mansudae Grand Monumen adalah Monumen patung yang tak lain tak bukan adalah Kim Il Sung sendiri, terbuat dari perunggu, setinggi 20 meter dan berdiri di depan musem revolusi korea. Patung ini hanyalah salah satu dari lusinan patung Kim Il Sung, Tapi patung ini adalah yang terbesar dan yang paling sering dikujungi. Patung ini dibangun sebagai hadiah ultah ke 60 si penguasa....


Jadi, pengen ga jalan2 ke pyongyang??
Selama masih ada isu perang, mending ditunda dulu deh....

(asr,dxb)

No comments: